RSS Feed

bermain fingger painting

Seperti biasanya, saya selalu mencari referensi dari internet untuk melihat informasi permainan yang bisa di mainkan bersama anak. Karena hobby anak saya sekarang ini lebih ke model coret mencoret, sayapun mencari keyword di mbah google dengan kata kata “coret mencoret”. Dari sekian hasil searchingnya, saya banyak menemukan istilah “FINGER PAINTING”. 
fingger painting

fingger painting


Kalau diambil benang merahnya, finger painting untuk anak anak dapat di definisikan sebagai kreativitas melukis/mencoret anak dengan menggunakan anggota tubuh tepatnya jari jari tangan di atas kanvas/kertas. Banyak manfaat yang bisa diperoleh anak anak dengan melakukan aktifitas finger painting ini, antara lain 
- Dapat melatih motorik halus pada anak yang melibatkan gerak otot-otot kecil dan kematangan syaraf.
-Mengenal konsep warna primer (merah, kuning, biru). Dari warna-warna yang terang kita dapat mengetahui   kondisi emosi anak, kegembiraan dan kondisi-kondisi emosi mereka.
- Mengenalkan konsep pencampuran warna primer, sehingga menjadi warna yang sekunder dan tersier.
- Mengendalkan estetika keindahan warna.
- Melatih imajinasi dan kreatifitas anak.
Dan manfat yang paling penting adalah agar anak lebih bahagia dan punya hubungan yang lebih dekat dengan keluarga. Karena dalam finger paint ini, kita sebagai orang tua harus mendampingi dan berperan aktif bermain bersama dengan anak sehingga anak senang melakukannya.

Untuk memainkan finger painting  kita memerlukan bahan cat yang aman dipakai untuk anak anak. Hal ini tidak terlepas dari keingintahuan anak akan segala sesuatu hal yang baru. Takutnya cat yang kita gunakan tiba tiba sudah masuk ke dalam mulut anak kita dan juga sensitif terhadap kulit anak. Karena itu kita harus cari cat yang aman digunakan untuk anak. Sekarang ini, sudah banyak di jual di toko toko buku cat lukis yang aman digunakan untuk anak, tinggal kita menyesuaikan dengan budget yang kita punya. Bahkan kita juga kalau mau lebih kreatif, bisa menciptakan bahan cat lukis yang aman untuk anak dengan modifikasi bahan bahan yang ada di rumah seperti air, terigu dan pewarna kue buatan. Pokoknya, jangan sampai budget menghalangi kreativitas anak di dalam rumah. Tinggal pintar pintarnya kita menyiasatinya.
Kembali ke finger painting, karena saya pribadi ingin lebih cepat memainkan finger painting bersama anak dirumah, saya memutuskan untuk membeli satu set finger painting dari salah satu toko buku di dekat rumah. Alhamdulilahnya, di satu set finger painting tersebut disertai cd yang berisi cara cara untk melukis gambar gambar yang menarik menggunakan metide finger painting ini dan juga dilengkapi dengan buku dengan templete templete / contoh contoh gambar finger painting yang bisa di ikuti anak.
Rasanya bahagia sekali melihat anak senang melakukan finger painting karena ini mungkin disebabkan memang pengalaman pertamanya menlakukan finger painting. Anakpun saya beri kebebasan untuk lebih mengeksplor kreativitas melukisnya. Dan inilah salah satu contoh dari hasil karya finger painting nya evan, anak saya.
hasil karya finger painting oleh Evan
Semoga hal yang menyenangkan ini bisa menjadi inspirasi buat orang tua yang belum pernah melakukan finger painting bersama anak. Seperti pepatah bilang “TAKUT KOTOR…TIDAK BELAJAR”
About these ads

About lenihertiyanti

Insya allah istiqomah pada satu tujuan..mendapat berkah dari Allah SWT

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

Join 478 other followers

%d bloggers like this: